√ 10 Cara Menggendarai Motor Matic Yang Benar Bagi Pemula

Sedang memuat √ 10 Cara Menggendarai Motor Matic Yang Benar Bagi Pemula...


Cara Menggendarai Motor Matic – Trand membeli motor matic memang sedang sangat besar tahun ini. Bahkan jumlah motor matic semakin bertambah sangat banyak setiap tahunnya jika dibandingkan dengan motor jenis lain seperti sport dan juga bebek. Hal tersbeut bukan tanpa alasan mengingat motor matic merupakan motor yang terbilang ntaman digunakan oleh semua kalangan umur.

Sudah hampir 80% pengguna kendaraan roda dua di Indonesia merupakan pengguna motor Matic. Dengan hal tersebut pastinya sudah sangat wajar bila akan sanagt mudah di jumpai motor matic di jalanan.Namun sayangnya masih banyak yang menggap sepele nggendarai motor matic sehingga tidak jarang berakibat fatal bagi pengguna atau orang lain.

Dengan alasan lebih mudah inilah banyak pengguna motor yang lebih suka menggunakan motor jenis matic. Hal tersebut juga pastinya berlaku untuk sobat Otomotif yang sedang belajar menggendarai motor matic. Bagi yang sudah biasa menggendarai motor Matic sudah pasti sangat hafal menggendarai motor matic. Namun akan beda cerita untuk sobat otomotif yang sedang belajar menggendari motor Matic Atau Pemula.

Menggendari motor matic sendiri memiliki beberapa tahapan penting yang wajib di ketahui. Salah satunya pastikan dahulu soba sudah menggetahui aturan berkendara di jalan raya jika nanti suatu saat dihadapkan dengan kondisi untuk menggunakan motor matic di jalan raya. Maka yang harus disiapkan pertama kali adalah mengetahui berberapa peraturan dan Rambu-rambu lalu lintas yang ada. Berikut adalah Cara Menggendarai Motor Matic Yang Benar Bagi Pemula yang wajib diketahui.

Cara Menggendarai Motor Matic Dengan Benar

Cara Menggendarai Motor Matic Dengan Benar

1. Kondisi Motor

Pastikan kondisi motor dalam kedaan sehat sebelum digunakan. Selain memastikan kondisi motor dan mesin dalam kondisi layak untuk di naiki di jalanan pastikan juga kelengkapan kendaraan seperti Spion dan lampu yang bisa berfungsi dengan dengan baik.

Hal sepele tersebutlah yang terkadang sangat sering sobat Otomoitf lupakan. Kelengkapan lain seperti surat-surat kendaraan bermotor seperti STNK juga jangan lupa untuk di siapkan. Pentingnya membawa STNK saat berpergian.

2. Kondisi Pengguna

Selain memasitikan kondisi motor dalam keadaan sehat dan layak jalan maka langkah kedua adalah memastikan kondisi pengguna dalam posisi siap berkendara. Pastikan sobat otomotif yang hendak berpergian memperhatiakan kondisi fisiknya.

Jangan pernah memaksakan konsidi tubuh yang sedang ngantuk atau sakit untuk berpergian. Terutama untuk berpergian jarak jauh karena dapat membahayakan orang lain maupun diri sendiri. Hal ini pula lah yang wajib di perhatikan bagi pengguna kendaraan bermotor.

3. Menyalakan Motor Matic

Berbeda dengan menggunakan motor bebek atau kopling menyalakan motor matic sendiri memiliki cara yang berbeda. Caranya adalah on kan kunci motor kemudian secara bersamaan tekan elektric starter dan juga tuas rem. Namun jika masih belum menyala pastikan sobat sudah mengesampingkan standar.

Berusahalah memegang gas dengan lembut saat melakukan starter, jangan sampai nanti sobat tidak sengaja menarik gas kencang-kencang sehingga berakibat fatal. Jika belum terbiasa maka bisa menggunakan cara tersebut dengan cara berdiri atau tidak duduk di jok motor dahulu.

4. Duduk Dengan Santai

Duduk rileks dengan posisi tangan senyaman mungkin pada satang dan tuas gas adalah salah satu cara yang tepat untuk bisa menjalankan motor matic dengan benar. Posisi menggendarai motor juga akan berpengaruh terhadap kulitas neyetis sobat.

Namun untuk sobat otomotif yang masih sangat awam nenggendarai motor matic pastikan juga memiliki tumpuan kaki yang proposional. Jangan sampai menggunakan motor dengan tumpuan kaki yang terlalu jinjit karena bisa berbahaya saat berhenti di kondisi jalan tidak rata.

5. Handle GAS

Kunci Utama bisa menggendarai motor matic adalah dengan mengusai Handle Gas. Banyak yang beraggapan bahwa menggunakan motor sebaiknya tangan memegan handle gas dengan jari yang berada di bagian rem. Dimana hal tersebut dilakukan untuk membuat refleks kita lebih cepat jika akan melakukan penggereman secara mendadak.

Namun hal tersebut tidak selalu benar. Karen ada juga yang beranggapan bahwa sebaiknya tangan sepenuhnya berada di handle gas. Dengan posisi tangan yang berada di handle gas maka akan memberikan handling motor yang lebih baik. Selain itu otomatis pengguna akan menggurangi gas apabila hendak melakukan penggereman.Belajar Motor Matic

6. Tarikan Gas

Perlu di ketahui bahwa tarikan gas pada motor berbeda-beda kususnya motor matic. Apalagi jika biasa mengguenakan motor matic 110 cc seperti Honda Beat FI dan beralih pada motor baru seperti Honda ADV 2019 sudah pasti akan memiliki tarikan gas yang berbeda-beda.

Maka dari itu sobat otomotif wajib beradaptasi dahulu dengan tarikan motor maticnya sebelum melakukan akselerasi. Terlebih untuk yang masih pemula atau sedang dalam proses belajar Cara Menggendarai Motor Matic haruslah paham cara kali ini.

7.  Kondisi jalan

Menggendarai motor metic memang gampang-gampang susah. Bagi yang baru belajar wajiblah menggetahui beberapa hal. Salah satunya dalam posisi menanjak yang cukup tinggi usahakan jangan menarik gas terlalu dalam pada saat awal tanjakan. Tarikan gas yang sedang saja dan bila terasa sudah tidak kuat menanjang dan membutuhkan tambahan tenaga barulah menarikan tekanan gas.

Begitupun saat menurun yang cukup curam, usahakan turunkan gas sambil menggunakan rem dengan tenang. Gunakan Rem dengan tepat dan penuh dengan pengamatan. Banyak sekali pemula yang kesulitan dalam posisi jalanan menurun menggunakan motor matic.

8. REM

Rem adalah salah satu fitur keamanan yang paling penting pada kendaraan bermotor. Hal ini pula lah yang membuat REM memengang peranan utama dan harus sering dirawat. Banyak dari kita pengguna motor matic yang sering mengabaikan hal ini padahal sangat penting.

Selain itu gunakanlah REM ganda yakni rem depan dan belakang secara bersamaan untuk bisa memberikan penggereman yang maksimal. Gunakan juga insting yang tepat dalam melakukan penggereman.

9. Biasakan Diri Menggunakan Motor Matic

Selalu membiasakan disi dengan kendaraan supaya bisa mendapatkan feel yang tepat saat berkendara. Setiap kendaraan memiliki perfoma yang berbeda-beda, bahkan jika motor tersebut memiliki merek yang sama saja belum tentu memiliki perfoma dan akselerasi yang sama. Maka dari itu di wajibkan untuk bisa membiasakan diri dengan kendaraan.

Selain itu pahami juga fitur-fitur yang tersedia pada motor yang sobat Otomotif Gunakan. Dimana setiap motor memiliki fitur yang berbeda sebut saja idling stop system (ISS) milik Honda yang wajib diketahui pengguna.

10. Selalu Tenang dan Patuhi Rambu Lalu Lintas

Berkendara dengan tenang dan memperhatikan situasi merupakan sebuah langkah bijaksana dalam berkendara. Hal ini pula lah yang membuat sobat wajib untuk selalu berkendara dengan tenang. Usahakan jika belum mahir berkendara maka jangan terlalu Percaya diri berkendara di jalan umum.

Patuhi Rambu lalu lintas yang ada, dengan mematuhi rambu lalu-lintas  sama halnya dengan menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain. Selain itu luangkan waktu untuk membut SIM jika dirasa sudah waktunya.

Demikian beberapa tahapan yang wajib diketahui sobat Otomotif yang hendak belajat menggendarai Motor matic. Masalnya belajar motor matic sendiri terbilang gampang-gampang susah terlebih bagi pemula yang baru berlatih menjalankan motor. Demikian ulasan Otomanic menggenai Cara Menggendarai Motor Matic Yang Benar Bagi Pemula semoga bisa bermanfaat dan menjadi bahan referensi yang tepat.

√ 10 Cara Menggendarai Motor Matic Yang Benar Bagi Pemula | walawili | 4.5