10 Efek Samping Motor Pakai Pertamax Yang Harus Diketahui –

Sedang memuat 10 Efek Samping Motor Pakai Pertamax Yang Harus Diketahui –...

Efek samping motor pakai pertamax 2019 – Salah satu kendaraan paling populer di Negara kita ialah sependa motor, selain praktis harga sebuah sepeda motor ini pun cukup murah dan terjangkau. Ya, hanya dengan dana kurang dari 20 juta rupiah kita sudah bisa membeli sebuah motor yang kita sukai dan kita inginkan. Namun apa jadinya jika motor yang kita miliki tidak memiliki bahan bakar? pastinya mesin motor pun tidak mau menyalakan sobat.

Saat ini popularitas sepeda motor bukan hanya sebagai kendaraan pribadi namun sepada motor juga sudah mulai dipandang sebagai kendaraan umum. Hal ini dapat kita lihat secara nyata dengan berkembangnya sebuah sarana transportasi yang saat ini sedang sangat populer yakni ojek yang berbasis online atau yang lebih dikenal dengan sebutan Gojek. Dan apakah anda tertarik untuk mendaftar Gojek ? Nah dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan sepeda motor tersebut maka tidak heran jika pabrikan otomotif selalu mengeluarkan beragam jenis sepeda motor baru diseluruh dunia untuk memenuhi keinginan konsumen yang berbada-beda.

Dan melakukan perawatan kapada sepada motor itu merupakan keharusan untuk menjaga kondisi motor agar tidak cepat rusak ataupun mengalami kesalahan teknis yang menjadikan motor ini tidak mampu bekerja secara optimal. Lalu untuk melakukan perawatan terhadap motor harus dilakukan sesuai dengan jenis motornya, karena cara merawat motor matic akan berbeda dengan cara merawat motor manual yang baik dan benar.  Dalam proses perawatab motor, sebaiknya pemilik mempercayakannya pada bengkel resmi jika dirinya tidak mengerti mengenai mesin pada sepada motor.

Selain melakukan perawatan, motor juga memerlukan penggatian beberapa sparepart sepeda motor yang sering rusak dan harus diganti secara rutin untuk menjaga agar semua kondisi dan komponen motor selalu dalam keadaan yang baik serta normal. Selain memperhatikan beberapa hal tersebut, ada kondisi lain yang juga sangat penting untuk diperhatikan oleh para pengguna sepeda motor yakni berkaitan dengan bahan bakar yang digunakan. Nah mau tau Efek Samping Motor Pakai Pertamax ? untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasn berikut ini.

Efek Samping Motor Pakai Pertamax

Efek Samping Motor Pakai Pertamax

Jenis-Jenis Bahan Bakar

Di Indonesia ada beberapa jenis bahan bakar yang berbeda satu sama lainnya dan dapat digunakan pada sepada motor. Salah satunya ialah bahan bakar jenis Premium, bahan bakar jenis premium ini dapat digunakan untuk segala jenis kendaran sepeda motor maupun mobil. Nah berikut adalah jenis-jenis bahan bakar yang sering kita jumpai di pom bensin di kota kita bertempat tinggal.

1. Premium

Premium merupakan jenis bahan bakar yang paling murah yang digunakan oleh kendaraan bermotor dengan kelebihan tidak membuat tangki bahan bakar menipis namun dapat menyebabkan panas pada tangki dan kualitas kualitas pembakaran yang paling buruk diantara bahan bakar lainnya, karena jumplah Research Octane Number (RON) yang hanya 88. Premium dipasaran dikenal dengan cairan yang berwarna kuning.

2. Pertalite

Nah jenis bahan bakar yang satu ini adalah paling baru diantara semua varian bahan bakar pertamina yang dijual dipasaran. Bahan bakar yang satu ini merupakan bahan bakar non subsidi dengan nilai RON 99. Pertalite memiliki keunggulan dengan kondisi yang lebih bersih sehingga tidak membuat perfoma mesin berkurang.

3. Pertamax

Jenis bahan bakar yang satu ini memiliki RON 92 yang dibuat dari minyak bumi dengan penambahan zat aditif dalam proses pengolahannya. Bahan bakar ini sangat cocok untuk kendaraan yang memiliki perangkat elektronik atau memiliki teknologi Elektronic Fuel Ijection (EFI) dan catalytic converters dengan beberapa kelebihan seperti ramah linggungan dan lebih irit.

4. Pertamax Plus

Unutk jenis bahan bakar yang satu ini memiliki RON sebesar 95 yang telah memenuhi standart perfoma International Word Wide Fuel Charter (IWWFC). Bahan bakar jenis ini sangat cocok untuk kendaraan yang memiliki teknologi Electronic Fuel Ijection (EFI), Variable Valve Timing Intelligent (VVTI), (VTI), Turbo Chargers, dan catalytic coverters.

5. Pertamax Turbo

Nah untuk jenis bahab bakar ini memiki nilai RON terbesar diantara jenis lainya yakni dengan nilai 98. Bahan bakar pertamina racing digunakan khusus untuk kendaraan balap yang dapat menghasilkan pembakaran yang lebih baik dan cocok untuk digunakan untuk jenis motor sport dengan kapasitas mesin yang besar.

Efek Samping Motor Pakai Pertamax

Dalam kaitannya dengan penggunaan bahan bakar, kali ini kami akan mengulas dan membahas efek samping dari salah satu bahan bakar yakni pertamax yang digunakan untuk kedaraan roda dua. Bukan berarti jika pertamax tidak bagus untuk kedaraan roda dua, namun meski bahan bakar ini lebih unggul dibandingkan dengan premium tapi bahan bakar jenis pertamax juga memiliki efek samping jikas digunakan pada kendaraan roda dua. Dan berikut beberapa efek samping motor pakai pertamax yang akan dijelaskan secara rinci pada ulasan berikut ini.

1. Pembakaran motor lebih sempurna

Ron pada bahan bakar jenis pertamax lebih tinggi dibandingkan dengan bahan bakar jenis premium. Sehingga akan memjadikan proses pembakaran bahan bakar pada sepeda motor menjadi lebih sempurna dan tidak akan menyebabkan motor kurang tenaga karena dengan pembakaran yang lebih sempurna maka tenaga yang dihasilkan jauh lebih baik dari sebelumnya.

2. Perfoma motor menjadi lebih baik

Dengan proses pembakaran yang  lebih sempurna dari sepeda motor dapat menyebabkan tenaga yang dihasilkan menjadi lebih baik sehingga perfoma motor menjadi lebih tinggi dari yang sebelumnya. Motor dengan teknologi Electronic Fuel Injection (EFI) dan catalytic converters sangat cocok menggunakan bahan bakar pertamax.

3. Motor menjadi lebih ramah lingkungan

Proses pembakaran yang terjadi pada sepeda motor yang menggunakn bahan bakar pertamax akan lebih bersih sehingga zat buang yang dihasilkan akan lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan bahan bakar jenis premium maupun pertalite. Dengan pembakaran yang lebih bersih maka busi pada motor tidak akan cepat rusak dan tidak membutuhkan penggantian.

4. Pengeluaran untuk bahan bakar menjadi lebih besar

Pengeluaran bahan bakar pertamax lebih besar karena harganya lebih tinggi dibandingkan dengan premium ataupun pertalite memang akan menjadi salah satu efek samping motor pakai pertamax. Namun jika tidak dinilai dari jumplah uang yang dikeluarkan saja, dengan uang yang lebih banyak motor yang menggunakan pertamax memiliki perfoma dan pembakaran yang lebih efektif serta dapat menjaga komponen mesin agar tidak mudah rusak jauh lebih baik dibandingkan dengan menggunakan bahan bakar jenis premium.

5. Membuat tangki bahan bakar menipis

Efek samping motor pakai pertamax yang selanjutnya adalah membuat tangki motor menipis, hal ini dikarenakan zat aditif yang lebih banyak serta nilai ron yang besar dibandingkan dengan bahan bakar dibawah pertamax. Dan kondisi yang disebutkan tersebut merupakan kelemahan dari pertamax dibandingkan dengan bahan bakar lainya.

Saat ini pertamax memang menjadi pilihan bahan bakar terbaik bagi masyakat Indonesia, karena mampu membuat perfoma motor menjadi lebih tangguh dan handal. Tak hanya itu saja dengan menggunakan bahan bakar ini konsumsi bahan bakarpun akan terasa lebih hemat. Namun, sayang harga pertamax yang mahal menjadikan sebagian masyarakat kita enggan untuk menggunakan bahan bakar jenis pertamax dan memilih untuk menggunakan bahan bakar jenis premium ataupun pertalite.

Nah sobat otomotif itulah ulasan mengenai efek samping motor pakai pertamax yang memang harus diketahui oleh para pemilik kendaraan bermotor. Dengan mengetahui efek samping motor pakai pertamax pastinya kita tidak akan salah untuk memiliki bahan bakar untuk kedaraan bermotor yang kita miliki. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Efek Samping Motor Pakai Pertamax, semoga bermafaat dan bisa menjasi referensi anda dalam memilih bahan bakar (BBM). “SALAM OTOMOTIF”.

loading…

10 Efek Samping Motor Pakai Pertamax Yang Harus Diketahui – | walawili | 4.5