Apa Saja Yang Menjadi Pemicu Terjadinya Sesak Napas

Sedang memuat Apa Saja Yang Menjadi Pemicu Terjadinya Sesak Napas...

Penyebab Sesak Napas

Bernapas merupakan hal vital bagi manusia dan keberlangsungan hidupnya. Namun, seringkali masalah pernapasan mengganggu anda saat beraktivitas. Mulai dari sesak napas bahkan asma ataupun pneumonia. Sesak napas merupakan kondisi yang dialami seseorang karena tidak mendapat cukup asupan udara atau oksigen. Penyebab sesak napas itu sendiri bermacam-macam mulai dari obesitas, olahraga saat berada di lingkungan yang kurang mendukung, dan lainnya. Sesak napas bisa dialami oleh siapa saja, tidak hanya orang dewasa, orang tua bahkan balita. Sesak napas memang terjadi dan tidak memandang usia.

 

Penyebab umum sesak nafas terjadi karena asma atau masalah pada paru-paru dan juga jantung. Sesak napas yang terjadi karena faktor tersebut masuk ke dalam kategori sesak napas kronik. Sesak nafas yangterjadi pada penderita asma, hal ini bisa menyebabkan serangan jantung. Jadi jangan kita boleh menganggap remeh atau mengabaikan sesak nafas. Penyebab sesak nafas lainnya bisa dikarenakan pilek, alergi, asma, kehamilan, anemia dan yang lainnya.

Pemeriksaan fisik dan tes memang harus dilakukan untuk mengetahui riwayat kesehatan anda. Penyebab sesak nafas yang lain bisa terjadi karena alergi, lebih baik periksakan ke dokter untuk mengetahui secara pasti penyebab sesak nafas. Bagaimana penanganan yang harus dilakukan untuk sesak napas?

Penanganan Sesak Napas

Penanganan pada sesak nafas memang tidak selalu sama dan tergantung dari apa yang menyebabkan sesak. Sebaiknya lakukan pemeriksaan untuk mendapatkan diagnosis yang tepat mengenai sesak nafas. Berikut beberapa penanganan yang bisa dilakukan untuk meredakan sesak nafas sesuai penyebabnya.

Apabila sesak napas karena alergi ataupun asma sebaiknya anda menjauhi beberapa faktor yang bisa memicu timbulnya sesak nafas. Seperti debu, asap rokok, bulu hewan dan sebagainya, jagalah selalu kebersihan rumah.

masker nafas buatan

Konsumsi obat-obatan untuk mengurangi rasa sesak, apabila sesak nafas karena alergi cukup mengkonsumsi obat. Obat yang dikonsumsi biasanya antihistamin dan dekongestan. Obat hirup juga dibutuhkan apabila sesak napas yang terjadi karena sinusitis.

Bagi penderita asma sebaiknya menggunakan obat hirup atau yang diminum. Obat ini bertujuan untuk meringankan jalan napas, memang sebaiknya menggunakan obat hirup agar jalan napas menjadi lancar. Berhentilah merokok jika pernapasan anda merasa terganggu. Selain itu, berhenti merokok juga bisa mencegah diri dari beberapa penyakit.

Lakukanlah diet apabila anda mengalami sesak nafas karena kelebihan berat badan dan latihan pernapasan. Hindarilah tempat yang tinggi jika anda sesak nafas karena ketinggian. Apabila sesak nafas ini semakin parah sebaiknya konsultasi dengan dokter dan mintalah pengobatan sesuai dengan penyebabnya.

Apabila anda mengalami sesak nafas tetapi juga demam, batuk bahkan menggigil. Sesak nafas yang di iringi kaki bengkak dan bahkan warna bibir membiru segeralah ke dokter sebelum terjadi sesuatu yang fatal.

Produk Terkait

PreviousNext


Tags: ciri ciri sesak nafas, mengatasi sesak nafas, penyebab sesak dada, sesak napas jantung