Bisakah VPN Dipercaya? Berikut ini Penjelasannya

Sedang memuat Bisakah VPN Dipercaya? Berikut ini Penjelasannya...

Menggunakan internet jadi suatu kemudahan bagi kita untuk mencari informasi ataupun membantu pekerjaan. Akan tetapi di negara tercinta kita Indonesia ini, terlalu banyak situs-situs web yang diblokir pemerintah. Baik itu karena unsur moral, kekerasan, perjudian, hak cipta, pornografi, dan sebagainya. Di sisi lain terkadang pemerintah kita terlalu absurd untuk memblokir situs-situs tertentu atau membatasi beberapa media sosial. Untuk itu, menggunakan VPN merupakan solusi jitu untuk mengatasi hal itu. Saat ini VPN sudah banyak tersedia di pasaran, buat sahabat arena yang baru mengetahuinya akan sulit untuk memilih mana yang baik atau yang buruk. Maka dari itu banyak yang masih mempertanyakan bisakah VPN dipercaya? Untuk mengetahui hal tersebut, ada beberapa cara agar bisa menemukan jawabannya.

Bisakah VPN Dipercaya

Layanan VPN yang bagus dan terpercaya tentu akan dapat memberikan keamanan dengan mengenkripsi perangkat sahabat arena dan memproteksi privasi online. Namun, kebanyakan dari mereka menawarkan janji-janji tersebut tapi tidak semua penjelasan itu terlaksana dengan sempurna.

Untuk Apa VPN?

Kebanyakan orang memakai VPN tanpa tahu tujuan dan fungsi yang sebenarnya. Sama halnya membeli barang di pasar loak, yang penting murah tanpa tahu bagaimana kualitasnya. Begitu juga dengan saat memilih VPN, sahabat arena harus tahu apa yang diinginkan dan untuk apa dari layanan ini.

Apabila menggunakan layanan VPN hanya sebatas menerobos situs yang terblokir, membuka batasan lokasi, atau streaming yang ada di seluruh dunia, maka sahabat arena bisa memilih VPN yang memiliki kecepatan dan kinerja tangguh. VPN yang membantu memilihkan jaringan tercepat akan mampu membuka streaming tanpa hambatan. Contohnya VPN-VPN yang ada disini.

Nah, sebelum memilih VPN harus tahu lebih dahulu apa saja yang dimiliki dari layanan ini. Lalu bisakah VPN dipercaya? jawabannya bisa sahabat arena ketahui dari beberapa faktor yang akan dijelaskan di bawah ini.

Fitur Penyedia Layanan VPN

VPN yang punya performa baik memiliki beberapa fitur mumpuni, diantaranya:

Tanpa log

Maksudnya disini adalah kebijakan VPN yang tidak akan melakukan pencatatan, memantau, mengumpulkan dan menyimpan data-data sensitif penggunanya selama layanan diaktifkan. Informasi data tersebut mencakup alamat email, nama konsumen, password, riwayat penjelajahan web, hingga riwayat transaksi pembayaran.

Enkripsi

Fitur ini untuk melindungi keamanan dengan tingkat tinggi. Sistem keamanan enkripsi tingkat militer 256-bit lebih baik daripada 128-bit yang rentan keamanannya.

Tidak ada batasan (throttling)

Biasanya pada layanan internet biasa (ISP) akan membatasi koneksi internet sahabat arena. selain itu jika ingin meningkatkan kecepatan bandwith ISP akan memaksa untuk mengupgrade langganan sahabat arena. Maka, VPN yang bagus bakal memungkinkan sahabat arena mengakses internet dengan kecepatan yang luar biasa.

Anonim

Layanan VPN yang bisa dipercaya akan membuat sahabat arena terlihat anonim saat menjelajah internet dan mempertahankannya. Dengan begitu sahabat arena aman dari resiko kebocoran informasi pribadi.

Testimoni Pengguna VPN

Testimoni Pengguna VPN

Jika sahabat arena masih ragu untuk memilih suatu aplikasi VPN, sebaiknya lihat secara keseluruhan testimoni dari para penggunanya. Sangat penting untuk mengetahui bagaimana ulasan dan kritik yang diberikan para penggunanya. Tentunya ulasan mereka akan memberi wawasan yang bagus untuk sahabat arena dalam menentukan pilihan dari layanan VPN. Karena disitu sahabat arena bisa melihat secara detail layanan yang diberikan dari VPN yang sudah dirasakan pengguna sebelumnya.

Di samping itu ada beberapa ulasan yang sifatnya bias, artinya hanya sekedar menulis yang penting baik terhadap layanan yang diberikan VPN. Untuk itu sahabat arena perlu berhati-hati juga melihat ulasan-ulasan dari para pengguna VPN tersebut. Agar mengetahui dengan jelas VPN mana yang terbaik bisa melihat beberapa situs yang mengulas kekuatan VPN secara jujur seperti Wizcase.

Kebijakan Privasi VPN

Kebijakan Privasi VPN

Selain testimoni dari penggunanya, ada satu hal penting yang bisa diperhatikan apakah VPN bisa dipercaya atau tidak. Sahabat arena bisa melihat kebijakan privasi dari penyedia VPN tersebut untuk memperhatikan dengan jelas komitmen mereka dalam memberikan layanannya. Kebijakan ini sebagai bentuk hukum tertulis yang memperlihatkan bagaimana layanan VPN dalam mengumpulkan data penggunanya dan mengelolanya.

Misalnya saja kebijakan privasi dari salah satu VPN terbaik, NordVPN. Mereka sangat menekankan kebijakan tanpa pencatatan yang sangat ketat. Apalagi sampai memantau, mengumpulkan hingga menyimpan informasi pribadi pelanggannya untuk kepentingan negatif. Ini paling penting, sebab ada beberapa VPN yang ternyata mengumpulkan data-data penggunanya kemudian diserahkan ke pihak ketiga demi keuntungan semata.

Kebijakan privasi pada VPN harus jadi sesuatu yang sahabat arena pegang dalam memilih layanan ini. Jika mereka benar-benar menjaga komitmennya, tentu tidak akan melakukan sesuatu yang merugikan pelanggannya. Setidaknya ada dua VPN yang bisa dipercaya dan terbaik dari VPN yang ada, yakni NordVPN dan Express VPN.

Kesimpulan

Jadi, bisakah VPN dipercaya? Jawabannya tentu saja bisa, asalkan memenuhi faktor-faktor yang sudah dijelaskan di atas. Perlu ketelitian dalam memilih VPN karena tidak semua layanan jujur terhadap peraturan mereka sendiri.

Salah satu VPN yang tidak bisa dipercaya adalah Hola VPN. Penyedia VPN yang satu ini memang berhasil mendapatkan basis pelanggan yang besar. Sayangnya di tahun 2015, beberapa peneliti mengungkapkan bahwa Hola membiarkan aktivitas pelanggannya untuk dilacak oleh pihak lain. Mereka juga menjalankan softwarenya secara remote (jarak jauh) yang dengan sengaja diinstalkan ke perangkat. Lebih menyeramkannya lagi Hola VPN memanfaatkan bandwith atau alamat IP penggunanya untuk tujuan apapun sehingga membuat pelanggannya bertanggung jawab.

Selain itu, sangat disarankan untuk tidak mengandalkan VPN versi gratis untuk apapun karena selain keterbatasan, jelas tidak bisa dipercaya. Penyedia layanan VPN tentu ingin mendapatkan uang agar bisnis mereka bisa bertahan. Nah, pada layanan gratis akan dipakai untuk memberikan informasi kepada pihak ketiga agar memasukkan iklan di dalamnya. Untuk sahabat arena yang masih bingung memilih VPN terbaik, bisa klik disini untuk melihat artikel dari arena laptop mengenai VPN terbaik.

Bisakah VPN Dipercaya? Berikut ini Penjelasannya | walawili | 4.5