Cara Kerja Radiator Motor, Fungsi dan Cara Merawatnya

Sedang memuat Cara Kerja Radiator Motor, Fungsi dan Cara Merawatnya...

Cara Kerja Radiator Motor – Motor menjadi salah satu pilihan utama bagi kita semua, selain harganya yang lebih terjangkau. Motor juga sangat mudah sekali untuk kita rawat, terlebih untuk sobat otomotidf semua yang berada di kota besar, pastinya akan lebih memilih untuk menggunakan motor agar tidak terjebak macet. Namun kalian semuyanya juga harus tahu, meskipun motor sangat mudah sekali untuk kita rawat sendiri dirumah. Kalian juga harus memperhatikan beberapa komponen penting yang harus diperhatikan, semisalnya saja pada bagian radiatornya.

Untuk bagian ini memiliki peran sangat penting pada saat motor digunakan, otomatis mesin akan panas. Nah itulah tugas radiator, dimana akan mendinginkan mesin pada saat mesin motor digunakan yang mana panas mesin akan di serah oleh radiator. Jika kalian semua belum mengetahui fungsi radiator dan cara kerja radiator motor, pada kesempatan sangat baik ini. Kami akan menjelaskan kepada kalian semuanya akan cara kerja radiator motor, fungsi dan cara merawatnya. Untuk lebih lengkapnya, sobat otomotif semuanya dapat simak langsung saja ulasan yang sudah kami persiapkan dibawah ini.

Cara Kerja Radiator Motor

Cara Kerja Radiator Motor

Cara Kerja Radiator Motor

Radiator mmenjadi salah satu komponen sangat penting sekali untuk setiap motor, radiator sendiri terdapat beberapa tipenya. Namun untuk saat ini banyak sekali motor-motor baru menggunakan radiator coolant dan ada juga yang menggunakan kipas, udara dan juga air. Pada sistem pendingin pada radiator motor terdapat beberapa bagian, dimana semua bagian tersebut memiliki fungsi sendiri-sendiri. Namun kita semua juga harus merawatnya dengan benar, agar radiator mampu bekerja dengan sempurna untuk mendinginkan suhu panas mesin.

Nah untuk cara kerja radiator motor yang mana cairan pada radiator akan di pompakan kedalam silinder block dan setelah itu naik ke atas pada kepala silinder untuk menyerap panas pada mesin motor. Kemudian suhu panas mesin motor akan dikeluarkan melalui selang pada radiator yang akan menuju termostat yang menjadi pengatur aliran dan selanjutnya akan melewati termosensor agar terbaca panasnya. Setelah itu akan masuk ke radiator dari bagian atasnya yang mengalir ke pipia kapiler kecil sampai kebagian bawah dan pada panas mesin akan mengalir atau pindah ke cairang. Dimana cairan tersebut akan di proses konveksi lalu merambat pada dinding pipa-pipa kecil radiator motor dan setelah itu akan merambat ke seluruh bagian kisi-kisi.

Seperti itulah cara kerja radiator motor yang telah kami jelaskan kepada kalian semuanya, dimana cara kerja radiator motor akan bekerja sempurna. Pastinya panas mesin motor akan sangat stabil, namun jika pada radiator tidak bekerja dengan sempurna, mesin akan sangat panas sekali atau sering disebut dengam overheating.Hal tersebut akan terjadi jika pada bagian radiator terjadi kerusakan, sehingga mesin akan menjadi sangat panas sekali. Selain itu juga dikarenakan volume air kurang, pada lubang radiator motor tersumbat atai kipas tidak bergerak. Beberapa hal tersebut dapat menyebabkan mesin motor overheating.

Fungsi Radiator Motor

Seperti yang sudah kami sampaikan kepada kalian semuanya, dimana radiator menjadi salah satu komponen sangat penting sekali bagi motor maupun juga mobil. Dimana untuk cara kerja radiator motor ialah mendinginkan suhu panas mesin saat mesin sedang bekerja, yang mana panas mesin akan diserap oleh radiator. Namun akan berakibat fatal jika pada bagian radiator terjadi masalah, mesin motor akan sangat panas sekali atau juga overhaeting.

Hal tersebut memang sering kali terjadi pada motor dan mobil karena beberapa faktor penyebab radiator tidak bekerja dengan sempurna. Sedangkan untuk fungsi radiato motor sendiri sudah kami jelaskan diatas, dimana untuk menyerap suhu panas pada mesin motor agar tetap stabil. Radiator motor manjadi komponen yang memiliki fungsi sangat fital sekali, oleh karena itu kalian semua harus merawat dengan baik agar radiator tidak mengalami kerusakan.

Cara Merawat Radiator Motor

Itulag cara kerja radiator motor yang sudah kami sampaikan kepada kalian semuanya, dimana cara kerja radiator motor memang sangat membantu sekali untuk mengurangi suhu panas akibat mesin motor di hidupkan. Oleh karena itu sobat otomotif harus benar-benar nebjaga dan merawat radiator motor dengan benar dan diperhatikan, sedangkan cara merawat radiator sangat mudah sekali. Bagi sobat otomotif semuanya yang belum tahu cara merawat radiator motor, sobat otomotif semua dapat simak langsung saja ulasan yang sudah kami persiapkan dibawah ini.

  • Untuk merawat radiator motor agar tetap oke, cukup lakukan perawata secara teratur yang mana kalian semua harus cek air radiatornya
  • Selain itu juga kalian semuanya jyga garus rajin untuk mencuci radiator motor kalian semuanya, terutama pada bagian sela-sela yang sering terdapat kotorannya
  • Pastikan jika kalian sedang membersihakn radiator benar-benar bersih pada seluruh bagian radiatornya
  • Tidak hanya cek volume air radiatornya saja, kalian semua juga harus cek tabung cadangan radiatornya yah
  • Ganti air radiator dengan air khusus untk radiator dan yang terpenting kalian semua jangan sembarang menggunakan air

Sebetulnya untuk merawat sebuah radiator motor memang sangat mudah sekali, kita hanya mengecek secara rutin dan membersihkannya jika dirasa sudah agak lama. Untuk membersihkannya, usahalan denga air khusus untuk radiator yah, karena air biasa memliki kadar yang dapat merusak komponen radiator.

Baca Juga : Cara Membersihkan Filter Udara Motor

Nah itulah cara kerja radiator motor beserta fungsi dan juga cara merawatnya, meskipun terlihat sangat sepele. Namun akan berdampak jika kita tidak merawatnya, bahkan motor kalian akan mengalami overheating jika tidak dirawat secara betul. demikianlah yang dapat kami sampaikan kepada kalian semuanya, semoga cara kerja radiator motor diatas dapat menambah ilmu bagi kalian semuanya. “SALAM OTOMOTIF”

loading…

Cara Kerja Radiator Motor, Fungsi dan Cara Merawatnya | walawili | 4.5