Cara Mengatasi Motor Terkena Banjir Dengan Yang Benar

Sedang memuat Cara Mengatasi Motor Terkena Banjir Dengan Yang Benar...


Cara Mengatasi Motor Terkena Banjir – Banjir merupakan salah satu bencana alam yang mengerikan, dimana banjir biasanya datang pada daerah dataran rendah seperti ibukota Jakarta dan kota-kota besar. Bagi pemilik kendaraan bermotor juga wajib waspada saat datangnya banjir, jangan sampai motor kesayangan terredam air banjir.

Namun bila tidak bisa lagi di selamatkan maka langkah yang di tempuh adalah dengan menguras air dalam bagian motor. Saat motor terrendam banjir kami sarankan jangan langsung mengidupkan motor. Lakukan beberapa langkah tepat berikut ini yang akan membantu motor selamat dari resiko mati akibat terkena air banjir.

Cara Mengatasi Motor Terkena Banjir

Cara Mengatasi Motor Terkena Banjir

Cara Mengatasi Motor Terkena Banjir

1. Cek Busi

Langkah pertama yang harus di lakukan saat mengetahui motor terkena banjir adalah dengan cek busi. Busi merupakan salah satu faktor penting dari kelistrikan pada motor. Saat Busi terrendam air dengan otomatis motor tidak akan bisa di starter bahkan bisa berakibat pada konsleting.

Maka dari itu hal yang wajib di cek terlebih dahulu saat menggetahui motor terkena air banjir adalah cek busi. Jika busi basah dan dingin maka segera keringkan dengan menggunakan kain yang bersih. Bukan hanya busi saja yang di keringkan namun bagian pada mesin tempat busi juga pastikan dalam kondisi kering.

Setelah busi benar-benar kering dari air dan juga tempat busi sudah kering maka langkah selanjutnya adalah memasang busi pada tempatnya. Pastikan saat memasang busi tangan sobat otomotif juga sudah bersih sehingga benar-benar tidak ada air di bagian busi dan mesin.

Untuk motor bebak dan jenis motor sport memang tidak akan mengalami kesulitan dalam melakukan hal tersebut. Namun lain cerita untuk motor matic yang membutuhkan tenaga keras untuk bisa mengecek busi yang ada di dalam mesin.

2. Cek Karburator

Sangat tidak di anjurkan menghidupkan motor yang jelas-jelas terkena air banjir. Langkah selanjutnya setelah busi benar-benar kering adalah dengan memeriksa bagian karburator. Untuk sobat yang menggunakan motor dengan sistem injeksi maka tidak perlu melakukan hal ini.

Karburator motor yang terkena air bisa di tandai dengan suara mesin motor yang tidak lancar atau lebih sering di sebut mberbet. Hal tersebut di karenakan ada air di bagian karburator dikarenakan beberapa hal salah satunya karena banjir mungkin.

Copot bagian karburator mesin lalu besihkan dengan menggunakan kain bersih sampai benar-benar bersih dari air. Namun kalau sobat malas ribet bisa saja hanya dengan Cukup buang air dari karburator dan saluran bahan bakar.

Caranya yang lazim digunakan adalah dengan cara tutup keran selang bahan bakar yang menghubungkan tangki dengan bagian karburator. Setelah itu putar baut pembuangan di karburator melawan arah jarum jam sampai mentok. Maka dengan otomatis air yang bercampur bensin akan keluar. Bahan bakar yang tercampur air jelas sudah tidak lagi bisa di konsumsi motor.

3. Kuras Air Di Knalpot

Hal selanjutnya untuk mengatasi motor terkena banjir adalah dengan memeriksa kondisi knalpot. Knalpot sebagai salah satu bagian dari motor yang memiliki fungsi untuk membuang udara tentu saja tidak boleh terisi air.

Maka dari itu langkah selanjutnya adalah dengan kuras air di Knalpot. Namun sebelum melakukan hal tersebut pastikan dulu memang ada air di kenalpot. Jangan langsung lepas kenalpot saja. Karena akan sidit menghemat waktu.

Jika sudah pasti knalpot memang terendam air maka segera lepas kenalpot lalu keringkan. Pastikan juga bagian yang akan ke mesin bersih dari air. Saat knalpot motor sudah di copot maka coba dengan pancak starter kaki motor dalam kondisi motor mati supaya air juga keluar.

Setelah semua dalam kondisi kering maka segera pasang kembali knalpot. Namun sebalumnya oleskan dahulu oli di semua bagian dalam kenalpot supaya terhindar dari karat yang di sebabkan karena air yang sebelumnya masuk.

4. Panaskan

Setelah semua tahapan di lalui untuk mengatasi motor mati terkena air maka selanjutnya adalah dengan memanaskan motor. Untuk sobat otomotif yang masih memiliki model starter kaki maka wajib menggunakan hal ini terlebih dahulu.

Namun jangan langsung di on kontaknya. Bisa di coba dengan 5-6 kali melakukan starter kaki tanpa menayalakan mesin. Jika sudah maka langkah selanjutnya adalah dengan menglakuka starter sampai mesin mau menyala. Jika semua sudah benar dan tidak lagi ada air di dalam motor maka dengan otomatis motor akan dengan sangat mudah di hidupkan.

5. Asuransi

Meskipun motor sobat masih dalam masa asuransi yang di ikutkan dalam pembelian motor kredit maka tidak bisa di klaim asuransi. Nantinya biaya turun mesin dikarenakan banjir alias WATER HAMMER tidak bisa di klaim asuransi. Hal ini juga perlu di pahami karena masih ada pengguna yang belum paham.

Itu dia beberapa Cara Mengatasi Motor Terkena Banjir yang bisa sobat Otomotif praktekan jika hal kurang mengenakan itu terjadi pada kuda besi kesayangan sobat. Namun jika sobat merasa ragu maka kami anjurkan untuk langsung membawa motor ke bengkel terdekat untuk segera diberikan tindakan yang tepat. Perhatiakan juga komponen lain seperti kelistrikan karena bisa berakibat fatal bila komponen kelistrikan pada motor sampai terkena air.

Cara Mengatasi Motor Terkena Banjir Dengan Yang Benar | walawili | 4.5