Dapatkah VPN Melindungi Anda Dari Polisi? Ini Faktanya

Sedang memuat Dapatkah VPN Melindungi Anda Dari Polisi? Ini Faktanya...

Sekarang ini sebagian besar masyarakat pengguna internet di dunia menggunakan layanan VPN untuk menjaga privasi online ketika terhubung Wi-fi publik. Sejatinya VPN merupakan aplikasi yang dapat mengenkripsi data dengan aman saat dikirim dari komputer pengguna ke jaringan mereka melalui internet. Namun, meski menggunakan VPN masih ada yang khawatir terkait pengintaian oleh aparat hukum atau pemerintah dan layanan internet (ISP). Mungkin dari keraguan tersebut muncul pertanyaan, dapatkah VPN melindungi Anda dari polisi? Jawabannya bisa iya dan tidak.

Dapatkah VPN Melindungi Anda Dari Polisi

Banyak penyedia layanan VPN yang menjanjikan perlindungan enkripsi kelas militer mereka untuk menjaga informasi data pribadi penggunanya. Mereka pun banyak yang menyatakan melindungi privasi secara penuh dengan kebijakan tak akan melakukan pencatatan dan mengumpulkan identitas penggunanya saat tersambung dengan VPN. Jika semua itu benar, maka siapapun yang mengintai perangkat sahabat arena tak akan bisa melihat aktivitas internet.

Pemerintah ataupun peretas memang masih dapat melacak lalu lintas koneksi internet, tapi tidak bisa mendeteksi lokasi penggunanya.

Tidak Jelasnya Kebijakan Privasi

Kebijakan Privasi

Dapatkah VPN melindungi Anda dari polisi? Jawabannya bisa tidak jika VPN yang dipilih ternyata berbohong soal kebijakan privasi dan hukum-hukumnya. Penyedia VPN yang ada di pasaran saat ini mungkin jumlahnya ratusan, namun seperempat diantaranya bisa jadi tidak menayangkan dengan jelas soal kebijakan privasi mereka.

Sedangkan penyedia VPN yang berkomitmen menyebutkan kebijakan privasinya punya penjelasan dan penanganan keamanan data penggunanya yang berbeda-beda. Ada pula VPN tidak memberikan konfirmasi secara resmi aturan dan kebijakan seperti yang dijanjikan lewat iklan mereka. Dengan begitu mereka bisa dengan mudahnya mengintai penggunanya dan melanggar semua yang dijanjikan.

Hal tersebut bisa dilihat pada deskripsi yang mereka tayangkan di halaman resminya. Di dalam situs resminya itu tak sedikit pula yang menayangkan beberapa ulasan positif dari pelanggannya. Sayangnya, ulasan tersebut justru bisa menjebak apabila sahabat arena tidak berhati-hati.

Banyak dari penyedia layanan VPN yang dengan sengaja membayar pihak ketiga untuk memberikan ulasan di website atau blog mereka.

Mengintai Lalu Lintas dan Membocorkan ke Pihak Ketiga

Mengintai Lalu Lintas dan Membocorkan ke Pihak Ketiga

Pada dasarnya keamanan yang diberikan VPN tergantung bagaimana mereka bisa memastikan semua lalu lintas pelanggannya terenkripsi antara perangkat pengguna ke peladen VPN. Meski demikian, masih saja terdapat kesalahan sistem yang memungkinkan jalur lalu lintas koneksinya tidak terenkripsi dengan baik. Itu akan sangat membahayakan bagi pengguna yang informasi data pribadinya dapat terekspos oleh pengintai.

Penyedia layanan VPN sendiri memang mampu untuk memonitor seluruh aktivitas penggunanya (jika mau). Tentunya tidak semua perusahaan VPN jujur dengan semua janji-janji yang mereka iklankan. Bagi pengguna yang tidak paham percaya saja akan promosi VPN yang tidak mencatat, mengumpulkan, bahkan memberikan data dan aktivitas online ke pihak lain, entah itu ke pemerintah, polisi, atau perusahaan periklanan.

Jadi, tidak semua yang diinginkan dari layanan VPN benar-benar terbukti benar. Bukannya mendapat perlindungan, malah menjadi korban kejahatan dari VPN itu sendiri. Maka, sangat penting bagi pengguna internet untuk memilih VPN yang benar-benar teruji dan terpercaya agar perlindungan privasi bisa terwujud.

Tips Untuk Pengguna Layanan VPN

Tips Untuk Pengguna Layanan VPN

Bagi pengguna internet yang melek teknologi dan ingin menggunakan layanan VPN, akan lebih baik untuk merancang jaringan servernya sendiri. Bisa dilakukan dengan menggunakan layanan cloud computing atau melalui koneksi dari rumah.

Sementara bagi pengguna yang kurang paham akan teknologi terutama dunia internet, bisa menggunakan perantara berupa browser Tor. Browser tersebut merupakan jaringan perangkat yang terhubung ke internet untuk membantu memonitor privasi. Namun, agak repot dan sedikit rumit untuk melakukan panduan tersebut dan bisa jadi kecepatan koneksi dari VPN melambat.

Akan tetapi ketika sahabat arena memilih layanan berbayar VPN, sebaiknya didasari oleh pengetahuan tentang VPN yang bisa dicari pada sumber-sumber terpercaya yang sudah menguji beberapa VPN. Selain itu sahabat arena bisa mencoba layanan dengan waktu yang singkat terlebih dahulu, seperti paket bulanan atau satu tahun. Pastikan juga penyedia layanan VPN tersebut memberi garansi uang kembali yang bebas resiko. NordVPN dan ExpressVPN menjadi VPN yang direkomendasikan Arena Laptop untuk sahabat arena sekalian. Selain itu untuk melihat pembahasan mengenai VPN yang paling Aman, sahabat arena bisa klik disini.

Dapatkah VPN Melindungi Anda Dari Polisi? Ini Faktanya | walawili | 4.5