Fungsi Filter Oli Pada Motor Terbaru 2019

Sedang memuat Fungsi Filter Oli Pada Motor Terbaru 2019...

Fungsi Filter Oli 2019 – Salah satu komponen pada motor yang cukup penting adalah Fiter Oli. Nah, apa sih Filter Oli itu ? dan apa fungsi dari filter oli ini? Bagi anda seorang yang dekat dengan dunia otomotif pasti kalian tidak asing lagi dengan nama filter oli. Namun sebaliknya bagi kalian yang sangat awam pada dunia otomotif pasti bertanya-tanya apa itu filter oli dan apa kegunaan dari komponen yang satu ini?

Nah, sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai fungsi filter oli, mari kita simak penjelasanya terlebih dahulu. Filter oli adalah filter yang didesain untuk menyaring kotoran yang mengkotaminasi oli mesin, agar oli tetap dalam keadaan bersih untuk melumasi komponen mesin. Komponen yang satu ini memang terbilang sangat penting bagi sebuah kendaraan, pasalnya filter oli juga sangat menentukan perfoma dari kendaraan tersebut.

Pada umumnya filter oli motor dipasang pada bagian luar mesin dengan tujuan untuk memudahkan proses perawatan terhadap komponen itu sendiri. Agar komponen ini berfungsi dengan maksimal maka harus dilakukan perawatan secara berkala. Karena apabila usia pemakaian filter oli tersebut sudah agak lama namun tak kunjung ganti, maka akan secara otomatis akan menggangu sirkulasi oli dalam mesin tersebut.

Oleh karena itu, filter oli harus diganti jika usianya sudah lamadan kondisinya memang sudah tidak memungkinkan lagi untuk digunakan kembali. Pada umumunya, filter olia yang sudah lama dan tidak kunjung diganti maka akan mengalami penyumbatan maka hal ini akan berpengaruh pada debit oli didalam mesin kendaraan anda akan berkurang. Hal ini dikarenakan adanya penyumbatan pada pada filter oli sehingga proses pelumasan pada komponen mesin anda keseluruhan akan mengalami keausan. Dan berikut adalah Fungsi Filter Oli Pada Motor.

Fungsi Filter Oli Pada Motor

Fungsi Filter Oli Pada Motor

Filter oli merupakan salah satu komponen pada motor yang cukup penting perananya, pasalnya jika filter oli ini mengalami penyumbatan akan mempernagruhi perfoma dari mesin itu sendiri. Selain itu sirkulasi oli dalam mesin juga akan tidak maksmil dalam melumasi seluruh bagian mesin sehingga mesin akan cepat aus dan jumplah oli pada mesin akan berkurang. Jadi kami sarankan untuk kalian agar selalu memeriksa kondisi filter oli motor anda.

Filter oli yang disalurkan tidak maksimal yang dikarenakan adanya penyumbatan pada filter oli, akan menyebabkan keausan dalam komponen mesin. Sehingga dengan kondisi seperti ini akan membuat komponen dalam mesin tersebut akan saling bergesekan seperti komponen cam shaft, rockt arm akan lebih cepat mengalami keausan dari pada yang seharusnya. Oleh karena hal tersebutlah keberadaan filter oli sangat penting bagi sebuah kendaraan bermotor.

Sementara itu penggunaan filter oli juga harus benar-benar diperhatikan agar tidak terjadi masalah pada filter oli tersebut. Dengan cara perawatan yang benar serta perawatan yang berkala tentu saja akan memberikan kinerja yang lebih maksimal pada filter oli tersebut. Lanstas kapan kita harus mengganti filter oli tersebut ? Ya, kita perlu mengganti filter oli tersebut jika fiter oli tersebut mengalami kerusakan dan tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

Hal ini diperuntukan agar filter oli tetap terus mensirkulasikan oli mesin dengan baik dan benar sehingga komponen-komponen dalam mesin motor tersebut kena pelumas secara merata, sehingga akan menghindari gesekan-gesekan yang terlalu berat didalam mesin. Selain itu dengan sirkulasi oli yang lancar kondisi dalam mesin motor tersebut juga akan selalu basah dan tidak garing sehingga tidak cepat aus.

Mengingat fungsi filter oli yang sangat penting, kalian juga perlu memeriksa secara berkala kondisi filter oli tersebut. Dan dengan pemeriksaan tersebut kita akan tau apakah fiter oli ini masih layak untuk dipakai atau tidak. Namun jika kondisi filter oli ini sudah lama, sebaiknya anda perlu mengganti filter oli tersebut dengan yang baru. Dan untuk lebih jelasnya lagi berikut adalah beberapa fungsi oli mesin, berikut informasi lengkapnya.

  1. Sebagai komponen yang berfungsi untuk menyaring kotoran di dalam oli mesin sebelum oli tersebut di distribusikan keseluruh bagian dalam mesin.
  2. Sebagai komponen yang berfungsi untuk melancarkan suplai oli pada kesemua komponen mesin yang ada, karena oli yang dari bak oli akan masuk ke filter oli terlebih dahulu kemudian akan disalurkan ke bagian atau komponen mesin anda yang lainya selama mesin tersebut bekerja.
  3. Sebagai komponen yang berfungsi untuk merawat komponen lainya dalam mesin anda, agar tidak terjadi keausan karena gesekan demi gesekan.

Pada umumnya filter oli bertype kasa yang digunakan pada motor bebek. Cara membersihkan filter oli ini memang cukup mudah karena kalian cukup menyemprot dengan menggunakan kompresor (udara bertekanan tinggi). Sedangkan untuk filter oli berjeni kertas yang biasanya digunakan untuk motor Yamaha Vixion atau motor sejenis yang lainya, harus dibersihkan setiap 9000 km. Untuk membersihkan filter oli ini kalian cukup datang langsung ke bengkel motor terdekat yang ada di kota kalian.

Nah guys, demikianlah penjelasan singklat mengenai fungsi filter oli pada motor yang dapat kami jelaskan. Semoga informasi yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat bagi kalian semua dan bisa menambah wawasan kalian mengenai dunia otomotif dalam dan luar negri yang cukup keren dan populer. Dan jangan lupa baca terus artikel terbaru dari kami mengenai fungsi windshield pada sepeda motor, semoga bermanfaat dan “SALAM OTOMOTIF”.

Fungsi Filter Oli Pada Motor Terbaru 2019 | walawili | 4.5