Fungsi Winglet Pada Motor Gp Terbaru 2019

Sedang memuat Fungsi Winglet Pada Motor Gp Terbaru 2019...

Fungsi Winglet Pada Motor Gp 2019 – Nah guys, kalian pasti senang menonton balapan motor Gp yang sering disiarkan langsung di televisi nasional yakni Tranz 7. Dan apakah kalian cermati bentuk dan deasin motor Gp. Ya, selain keren desain motor Gp ini juga sangat gahar karena ukuranya yang cukup besar dan tentu saja memiliki beban yang cukup berat. Nah guys, di musin tahun 2016 yang lalu motor Gp telah memperkenalkan model baru yakin menggunakan winglet (sayap) pada body motor Gp.

Beberapa tim pada ajang motor Gp ini juga telah merilik penggunaan sayap tambahan pada body motornya, namun sebelumnya tim yang pertama kali menggunakan winglet ini ialah tim asal negri Italia yakni Ducati. Sejak musin 2015 silam Ducati memang telah menggunakan winglet pada motor yang dikendarai oleh Andrea Dovizioso dan Andrea ianone untuk mengatasi masalah pada motor Ducatinya ini.

Namun karena dirasa memiliki kemampuan yang baik winglet saat ini juga dipakai oleh tim-tim motor Gp lainya seperti Yamaha Movisatar dan Honda Repsol. Dibalik kepopuleran winglet, pihak komisi Grand Prix MotoGp melarang penggunaan winglet diajang balap Moto2 dan Moto3, namun sayangnya tidak ada penjelasan dari pihak penyelenggara kenapa penggunaan winglet pada Moto2 dan Moto3 dilarang?

Akan tetapi tak sedikit orang yang belum mengerti apa fungsi dari winglet tersebut, sehingga banyak orang yang beranggapan menggunakan winglet akan membuat body motor menjadi lebih lebar. Ya, memang dengan adanya winglet body motor Gp pada bagian depan menjadi sedikit lebar, akan tetapi melihat dari fungsi dari winglet sendiri memang cukup berperan penting bagi MotoGp tersebut. Dan berikut adalah fungsi winglet pada Moto Gp.

Fungsi Winglet Pada Moto Gp

Fungsi Winglet Pada Moto Gp

Sebelum kita mengetahui secara jelas fungsi dari winglet, kita cari tahu dalu apa itu winglet. Winglet menurut kamus Oxford adalah a little wing atau dalam bahasa Indonesianya adalah sayap kecil. Jadi winglet adalah sayap kecil yang menempel pada fairing motor. Sebenarnya winglet tidak hanya digunakan pada Moto Gp saja, namun beberapa motor matic saat ini juga sudah menggunkan winglet untuk memberikan tampilan yang lebih keren. Nah, berikut adalah fungsi winglet.

1. Meningkatkan downforce pada motor

Untuk fungsi winglet pada Moto Gp adalah untuk meningkatkan downforce motor. Nah, dengan menggunakan winglet maka akan memberikan efek gaya tekanan kebawah. Kenapa harus diberi tekanan kebawah? itu dikarenakan pada moto Gp mesing yang digunakan memiliki tenaga yang luar biasa sehingga saat akselerasi bisa menyebabakan ban depan terangkat. Meskipun hanya sedikit hal tersebut akan menyebabkan akselerasi menjadi kurang maksimal.

Masalah tersebut biasanya terjadi ketika para pembalap keluar dari tikungan, pada saat tersebut membutuhkan power mesin yang besar agar dapat lebih cepat melaju. Dengan adanya winglet tersebut dapat mengurangi efek ban depan yang terangkat atau istilah teknisnya anti-wheelie dan motor akan lebih cepat berakselerasi tanpa mengurangi tenaga pada motor. Sebenarnya pada Moto Gp sudah ada sistem elektornic yang fungisnya untuk mengurangi wheelie atau ban depan terangkat saat akselerasi tinggi, akan tetapi sistem tersebut dirasa kurang efisien.

Agar kalian lebih jelas mengenai downforce kalian bisa carin tahu artikel yang membahas mengenai downforce. Pada winglet memang posisi sayap kecil ini terbalik jika dibadingkan dengan sayap pesawat. Pada winglet sayap kecil ini mampu memberikan tekanan kebawah yang akan membuat ban depan motor tidak mudah terangkat saat akselerasi. Dengan demikian para pembalap Moto Gp akan lebih stabil dalam keluar dari tikungan tanpa harus takun jika akselerasinya kurang maskimal.

2. Membatu mendinginkan mesin

Sebenarnya fungsi yang tidak begitu berarti  dikarenakan sistem pendingin pada Moto Gp sudah bisa dibilang cukup baik, namun walaupun demikian bisa sedikit membantu mendinginkan mesin dalam ajang balap Moto Gp yang bisa dibilang cukup ketat. Jadi hal sekecil apapun akan sangat berarti bagi para pembalap untuk memaksimalkan akselerasi dari motor-motor tungganganya. Jadi bisa dibilang fungsi winglet pada moto Gp yang berikutnya adalah dapat membantu mendinginkan mesin motor pada saat balapan.

Nah, masalah mesin cepat panas memang dirasakan pada tim Ducati, kalian tentunya pernah melihat ketika Rossi di tim Ducati pada musin 2011-2012. Ketika hujan Rossi mampu melaju dan finish lebih baik saat kondisi kering, sebenarnya tidak hanya Rossi saja namun pembalap lainya juga demikian. Mungkin karena alasan tersebut sehingga kali ini Ducati menjadi lebih baik saat menggunakan winglet.

Nah guys, demikian informasi mengenai fungsi winglet pada moto Gp, dan seperti yang kita sudah ketahui dengan adanya winglet akselerasi motor menjadi lebih maksimal saat keluar dari tikungan. Hal ini tentu akan menjadi keunggulan para pembalap untuk bisa menggeber motor tungganganya untuk dapat bisa merai podium yang lebih baik. Hanya ini yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat dan “SALAM OTOMOTIF”.

Fungsi Winglet Pada Motor Gp Terbaru 2019 | walawili | 4.5