Spesifikasi dan Daftar Harga Mobil Toyota Avanza Terbaru

Sedang memuat Spesifikasi dan Daftar Harga Mobil Toyota Avanza Terbaru...

Harga Toyota Avanza

Toyota Avanza adalah sebuah kendaraan keluarga yang menjadi salah satu primadona di pasar mobil Tanah Air. Kepopuleran Avanza telah dimulai sejak pertama kali dirilis pada tahun 2003. Pada waktu tersebut, Avanza langsung mencuri perhatian para konsumen Indonesia, yang mana berhasil menempatkan mobil berkategori MPV (Multi Purpose Vehicle) ini jadi salah satu mobil terlaris di pasaran.

Avanza merupakan produk hasil kerjasama antara dua perusahaan mobil besar di Asia, yaitu Daihatsu dan Toyota. Jika nama Avanza digunakan oleh Toyota, Daihatsu menggunakan nama Xenia untuk nama produknya yang juga menjadi pesaing Toyota Avanza di pasar MPV Tanah Air.

Dalam kurun waktu tiga belas tahun perjalanannya di Indonesia, Toyota Avanza bisa dikatakan sebagai mobil sejuta umat. Dengan angka penjualan yang hampir selalu tinggi tiap tahunnya, Avanza menjadi salah satu kendaraan khususnya untuk di kategori MPV yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia di berbagai daerah.

Selain di Indonesia, Toyota Avanza juga dipasarkan di beberapa negara di Asia seperti di Malaysia, Filiphina, Thailand, dan Republik Rakyat China. Avanza juga dipasarkan di Meksiko dan Afrika Selatan.

harga toyota avanza

Di Malaysia, Avanza diimpor dari Indonesia dalam bentuk Completely Knock Down atau terurai. Baru pada generasi kedua, Avanza didatangkan secara CBU (Completely Build Up). Perjalanan Toyota Avanza di pasar mobil nasional terbagi kedalam beberapa generasi. Berikut ini kami info singkat perjalanan mobil sejuta umat ini dari awal diluncurkan hingga bertahan lama di pasaran sampai sekarang.

Toyota Avanza Generasi Pertama (2003—2011)

Seperti yang dikemukakan di atas, Avanza adalah kendaraan hasil kerjasama Toyota dengan Daihatsu. Berawal dari keinginan Toyota untuk menghadirkan sebuah kendaraan keluarga yang diinginkan pasar pada waktu itu, maka lahirlah Toyota Avanza, dengan predikat sebagai mobil MPV irit bahan bakar, tangguh, dengan harga yang terjangkau.
Nama “Avanza” sendiri berasal dari bahasa Italia, avanzato, yang memiliki arti “Peningkatan”. Mobil MPV-5 pintu ini, diperkenalkan pertama kali pada ajang Gaikindo Auto Expo di tahun 2013. Di tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual sebanyak 100.000 unit.
Baik Avanza maupun saudara Xenia, keduanya sama-sama menggunakan basis sasis dan body yang serupa, yang diproduksi oleh Astra Daihatsu dibawah divisi Toyota Astra Motor. Kesamaan kedua mobil Low-MPV ini juga terdapat pada bagian mesin. Perbedaan hanya terdapat pada interior serta fitur-fitur tambahan.
Generasi pertama Toyota Avanza ini berhasil membawa angin segar di pasar mobil Indonesia. Avanza hadir sebagai mobil yang berkapasitas penumpang banyak—bisa sampai 7 orang—dan mampu diajak melintasi jalanan perkotaan ataupun di daerah.  Apalagi, harga Toyota Avanza baru relatif terjangkau, sehingga mampu menarik banyak konsumen. Faktor lainnya yang membuat Avanza generasi pertama ini jaya di pasaran adalah minimnya pesaing di kelas sejenis. Ketika Avanza dirlis ke pasaran, saat itu belum banyak produsen yang memproduksi kendaraan jenis MPV, bahkan bisa dibilang Avanza hadir tanpa memiliki pesaing selain kembarannya, Daihatsu Xenia.

Facelift (2006—2011)

Selang empat tahun sejak generasi pertama diluncurkan, Astra Daihtasu melakukan penyegaran dengan merilis New Avanza. Versi facelift yang dirilis pada tahun 2006 ini hadir dengan sejumlah perubahan, baik dari segi penampilan, aksesoris, maupun mesin, dengan performa yang ditingkatkan.
New Avanza yang memiliki sepesifikasi sama persis dengan Toyota Rush ini, memperkenalkan mesin baru yang berteknologi VVT-i. New Avanza S (1.5 S VVT-i) menjadi varian terlengkap dengan spesifikasi mesin 1500 cc VVT-i, yang didukung dengan sistem pengereman ABS dan fitur sensor parkir belakang. Avanza S hadir dengan dua pilihan transmisi, yakni transmisi otomoatis (A/T) dan transmisi manual (M/T).

Toyota Avanza Generasi Kedua (2011—sekarang)

Perubahan secara keseluruhan atau full model change pada Avanza terjadi pada tahun 2011. Pada tahun tersebut, Astra Daihatsu secara resmi memperkenalkan generasi kedua Avanza, yakni All-New Avanza.  Pada generasi terbaru ini juga diperkenalkan varian terbaru Avanza Veloz—yang memiliki arti kecepatan (Velocity). Veloz yang merupakan varian teratas atau top of the line ini menjadi pembeda dari generasi sebelumnya.
Tahun 2014, All-New Avanza kembali merilis varian teranyarnya yang bernama Avanza Luxury. Varian tersebut menjadi varian termewah pada generasi kedua Toyota Avanza.
Facelift (2015)
Pada bulan Agustus yang lalu, All-New Avanza mengalami penyegaran dengan merilis Grand New Avanza, yang merupakan versi facelift dari generasi kedua. Pada versi facelift ini, Grand New Avanza hadir dengan dua varian tipe utama, yakni Tipe E dan Tipe G.
Grand New Avanza hadir dengan tampilan yang lebih gagah dan elegan, dengan Grille dan garis desain yang baru. Berikut ini beberapa pembaruan yang terdapat pada Avanza facelift ini.

Exterior

Bagian muka atau  depan Grand New Avanza menggunakan New Radiator Grille Design with Crhome Garnish, yang memberi kesan kokoh dan membuat tampilan jadi semakin elegean. Grille baru ini terdapat pada Tipe G (1.3 G & 1.5 G).
Masih di bagian muka, Grand New Avanza menawarkan desain headlamp baru yang elegan dengan penerangan yang optimal. Perubahan juga terjadi pada desain lampu bagian belakang, yang menggunakan Lens Garnish. Bagian belakang mobil juga menggunakan desain spoiler baru dengan tambahan lampu rem belakang. Pada sektor kaki-kaki, velg ban terlihat lebih atraktif dengan New Advance Alloy Wheel Design.

Interior

Untuk urusan bagian dalam mobil, Grand New Avanza tampaknya telah disiapkan untuk memanjakan penumpangnya. Ruang kabin yang lega semakin nyaman dengan penyematan fitur entertainment baru, diaantaranya:
  • New Brown Dashboard Panel Design
  • New Advanced Audio System (6.1” Touchscreen DVD, CD, AM/FM, USB, AUX, Bluetooth & iPhone ready)
  • New Amber Color Combimeter Design dengan Eco Lamp Indicator
  • New Steering Wheel Design
  • New Power Window Design with Silver Garnish, serta New Shift Knob Design

Kenyamanan

Urusan kenyamanan penumpang sangat diperhatikan Grand New Avanza ini. Pada bagian kursi, terdapat fitur One Touch Tumble, yang dapat mengatur kenyamanan posisi duduk secara praktis dan mudah. Didukung dengan desain kursi yang diatur sedemikian rupa untuk relaksasi ketika bepergian jauh. Pada baris belakang kursi (3rd Row Seat), dapat diatur untuk penumpang ataupun barang.
Kenyamanan ketika berkendara dimaksimalkan dengan suspensi yang nyaman. Penerapan suspensi MacPherson Strut di bagian depan dan per koil di bagian belakang, diklaim dapat meningkatkan stabilitas dan kenyamanan selama berkendara.

Keamanan

Grand New Avanza, selain menyematkan fitur keselamatan standar seperti kantong udara, juga dibekali sejumlah fitur keamanan yang canggih. Pada versi facelift ini telah disematkan fitur ISOFIX, yang merupakan fitur keselamatan standar internasional untuk pemasangan child seat.
Pada baris kursi penumpang telah disediakan 3-points Sealt Belt untuk keselamatan penumpang tengah. Sealt bealt dioptimalkan untuk keselamatan pemakainya dengan menggunakan sistem Pretensioner & Force Limiter, sehingga dapat meminimalisir cedera fatal akibat benturan atau tabrakan.
Untuk melindungi pegemudi dan penumpang dari benturan samping, Grand New Avanza menerapkan Side Impact Beam. Saat terjadi pengereman mendadak, Grand New Avanza melakukan proteksi optimal dengan penerapan ABS (Anti Lock Braking System).

Performance

Seperti yang kita ketahui, Avanza sejak awal kemunculannya telah dikenal sebagai mobil MPV yang irit bahan bakar. Pada versi facelift ini pun, Avanza tetap mempertahankan keiritannya, namun dengan performa yang lebih bertenaga, karena menggunakan mesin baru All New Dual VVT-i.

 

Harga Toyota Avanza 2016

Sebagai mobil dengan harga terjangkau, harga mobil Toyota Avanza  dibaderol mulai dari seratus jutaan per unitnya, tergantung tipe dan varian yang diinginkan. Bagi anda yang berminat dan ingin menghadirkan salah satu model Grand New Avanza ke garasi rumah anda, silakan terlebih dahulu unduk menyimak daftar harga Avanza terbaru yang telah kami sediakan berikut rincian spesifikasinya. Daftar tersebut bisa anda gunakan sebagai referensi sebelum membeli.

 

Spesifikasi Grand New Avanza

 

Tipe
Avanza Tipe E
Avanza Tipe G
Transmisi
Manual dan Otomatis
Mesin
K3-VE
3SZ-VE
Tipe Mesin
4-silinder segaris, 16-katup, DOHC, Dual VVT-i, EFI
Isi Silinder
1298 cc
1495 cc
Diameter Langkah
72 mm x 79.7 mm
72 mm x 91.8 mm
Daya Maksimum
92 Ps / 6000 rpm
104 Ps / 6000 rpm
Torsi Maksimum
12.2 kgm / 4000 rpm
14.4 kgm / 4000 rpm

 

Harga Grand New Avanza

 

Varian
Harga OTR
Tipe E
Grand New Avanza 1.3 E A/T
Rp 191.800.000,-
Tipe G
Grand New Avanza 1.3 G M/T
Rp 198.700.000,-
Grand New Avanza 1.3 G A/T
Rp 209.400.000,-
Grand New Avanza 1.5 G M/T
Rp 211.000.000,-
Harga Toyota Avanza terbaru yang tertera pada Daftar harga Toyota Avanza di atas merupakan harga OTR (On The Road) untuk wilayah Ibu Kota Jakarta. Harga Avanza tersebut bersumber dari situs toyota-astra.com, dan bersifat sementara, harga mobil Avanza dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.
Harga disesuaikan dengan daerah masing-masing, bagi anda yang berdomisili di luar wilayah Jakarta, bisa menggunaakn dafta harga mobil Avanza di atas sebagai perbandingan atau patokan harga sebelum membeli.
Untuk spesifikasi yang telah disebutkan pada artikel ini, bisa saja berbeda dengan kondisi asli produk. Untuk itu, disarankan untuk menghubungi langsung dealership Toyota Astra yang ada di kota anda. Semoga bermanfaat

 

katalog spare part toyota avanza pdf, harga pintu samping avanza, harga oli power steering avanza, katalog spare part toyota avanza, harga kaca samping mobil avanza, harga pintu samping mobil avanza, harga kaca pintu mobil avanza, avanza transformer, harga pintu mobil avanza, harga kaca pintu depan mobil avanza,