Harga Toyota Prius dan Spesifikasinya

Sedang memuat Harga Toyota Prius dan Spesifikasinya...

Harga Mobil Toyota Prius

Toyota Prius bisa dibilang sebagai salah satu pelopor kepopuleran mobil Hybrid atau hibrida di pasaran. Pasalnya mobil besutan Toyota Motor Corporation ini, menjadi mobil hybrid pertama di dunia yang diproduksi secara massal. Prius diperkenalkan pertama kali pada tahun 1997 di Jepang. Awalnya, Toyota Prius hanya diproduksi secara domestik di pasar mobil Jepang. Baru pada tahun 2000, mobil hybrid 4-pintu ini dipasarkan secara global ke seluruh dunia. Generasi pertama Toyota Prius ini dipasarkan di 80 negara serta kawasan, dengan Amerika Serikat sebagai pasar terbesar mobil Prius di luar Jepang.

Mengusung teknologi hybrid yang hemat bahan bakar serta ramah lingkungan, Toyota Prius menjadi sebuah mobil yang mendapat sejumlah penghargaan. Badan Sumber Daya Udara California atau CARB (California Air Resources Board) memberikan sertifikat SULEV (Super Ultra Low Emmision Vehicle) pada Toyota Prius (seri 2000—2007) sebagai kendaraan yang memiliki kadar emisi yang rendah. Lalu, untuk Prius model keluaran tahun 2004, mendapat sertifikat AT-PZEV (Advanced Technology Partial Zero Emission Vehicle), yakni sertifikasi untuk sebuah kendaran yang bertekologi maju dengan emisi nol sebagian.

harga toyota prius

Penghargaan lain yang diperoleh Toyota Prius terjadi pada tahun 2004, dimana mobil hemat bahan bakar ini dinobatkan sebagai Mobil Terbaik Amerika Utara. Satu tahun setelahnya, yaitu pada tahun 2005, Toyota Prius dinobatkan sebagai Mobil Terbaik Eropa.

Teknologi Hybird Toyota Prius

Toyota Prius merupakan sebuah kendaraan yang mengusung teknologi hibrida seri-paralel atau power-split sering juga disebut sebagai hibrida campuran karena menggabungkan teknologi berpenggerak listrik dan bahan bakar. Prius menggunakan mesin Toyota NZ yang menggunakan putaran Atkinson, yang terbukti lebih efisien jika dibandingkan dengan mesin Otto.

Mode Listrik – Ketika Toyota Prius dihidupkan atau distater, mobil bisa langsung digerakan menggunakan moto listriknya. Mobil ini membutuhkan waktu kira-kira 7 detik untuk mencapai pembakaran sejak mobil pertama kail dihidupkan.

Ketika kendaraan dipacu dengan kecepatan tidak lebih dari 40 km/jam, secara otomoatis mobil ini akan melaju dalam keadaan Mode Listrik atau Electric Vehicle. Kelebihan menggunakan Mode Listrik ini adalah tingkat kebisingannya yang rendah, teknologi ini bahkan tidak membutuhkan konsumsi bahan bakar sama sekali untuk menempuh jarak kurang dari 1,6 km (1 mil). Ketika baterai habis, mobil secara otomatis akan kembali ke mode normal.

Baterai – Terdapat 2 jenis baterai yang disematkan pada Toyota Prius, yakni High Voltage Battery (HV) yang mampu menghasilkan tegangan sebesar 273,6 vold, dan Low Voltage Battery (LV) yang berkapasitas 12 volt. Kedua jenis baterai teresbut memiliki kandungan logam Lanthanum sebanyak 10—15 kg, dan 1 kg Neodymium untuk motor listrik. Sehingga Toyota Prius disebut sebagai kendaraan yang memakai logam tanah jaran terbesar di dunia.

Sejarah Toyota Prius

Toyota Prius merupakan kendaraan yanng memiliki efisiensi bahan bakar yang baik serta beremisi rendah, sehingga ramah terhadap lingkungan. Dengan teknologi hybrid yang diusungnya, Prius hadir untuk meminimalkan dampak negatif yang dihasilkan kendaraan berbahan bakar terhadap lingkungan dan alam. Tidak heran, jika di negara-negara maju, mobil Hybrid Prius maupun produk mobil hybrid dari pabrikan lainnya mendapat apresiasi yang cukup tinggi.

Hingga saat ini, Toyota Prius telah dirilis dalam tiga generasi. Berikut ini kami jabarkan secara singkat sejarah mobil yang sering meraih predikat mobil terlaris khususnya di pasar Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa ini.

harga toyota prius

Toyota Prius Generasi Pertama

Sejarah lahirnya Toyota Prius bermula pada tahun 1995. Di tahun tersebut, Toyota Motor Corporation memperkenalkan sebuah prototipe mobil hybrid di event Tokyo Motor Show. Setelah melewati serangkaian tes dan pengembangan, Prius generasi pertama akhirnya resmi diperkenalkan pada tanggal 10 Desember 1997 dengan kode NHW10.

Hadirnya Toyota Prius ini, menjadi kali pertama sebuah mobil berteknologi hybrid yang diproduksi secara massal. Prius generasi pertama ini pada awalnya hanya dipasarkan secara domestik di Jepang. Meski demikian, mobil hemat bahan bakar ini juga sempat diimpor ke Australia, Inggirs, serta Selandia Baru. Hingga akhirnya, Toyota Prius resmi dipdroduksi di berbagai negara di dunia pada tahun 2000.

Amerika Serikat menjadi pasar terbesar mobil Toyota Prius di luar Jepang. Pada waktu itu, mobil Prius yang dipasarkan adalah model berkode NHW11. Prius bukanlah mobil hybrid pertama yang hadir di Negeri Paman Sam tersebut, sebelumnya sudah ada Honda Insight. Di Amerika Serikat, Toyota Prius diposisikan sebagai penengah antara Corolla dan Camry. Generasi pertama ini dibanderol dengan harga US$ 19.995.

Toyota Prius Generasi Kedua

Generasi kedua Toyota Prius diluncurkan pada tahun 2003. Sejumlah pembaruan dihadirkan pada generasi terbaru ini, seperti desain tampilan yang menggunakan model baru yang lebih berkonsep mobil liftback berukuran mid-size. Kali ini teknologi mesin yang dihadirkan lebih ramah lingkungan dari seri sebelumnya, juga desain  bodi lebih aerodinamis dengan koefisien gesek udara hanya 0,26.

Pengembangan Prius generasi kedua ini dikepalai oleh seoran Insinyur berkebangsaan Jepang, Shigeyuki Hori. Mobil ini menjadi kendaraan pertama yang menggunakna kompresor pendingin all-electric yang dikombinasikan dengan baterai NiMH, sehingga jadi semakin irit dan lebih bertenaga dari generasi pendahulunya.

Generasi kedua ini sempat melakukan sebuah tes keselamatan dengan Uji Tabrak, yang dilakukan oleh Lembaga Administrasi Keamanan Jalan Amerika Serikat atau U.S. NHTSA). Hasilnya, Prius mendapatkan 5 bintang untuk pengendara, dan 4 bintang untuk penumpang.

Toyota Prius Generasi Ketiga

Ajang North American International Auto Show pada bulan Januari 2009 dipilih Toyota untuk memperkenalkan generasi ketiga mobil Toyota Prius. Tanggal 18 Mei 2009, barulah generasi terbaru ini dipasarkan secara massal di Jepang.

Tentu saja sejumlah pembaruan dihadirkan pada generasi terbaru Prius ini, diantaranya bodi yang lebih aerodinamis dengan koefisien gesek udara yang lebih kecil menjadi 0,25.  Pun pada efisiensi bahan bakar, mobil ini menjadi semakin irit—Prius generasi ketiga dinobatkan sebagai mobil paling irit di Amerika pada tahun 2009.

Untuk mesin bensin, Prius menggunakan tipe mesin 1.8 L yang bertenaga 98 Hp, dan jika ditambah dengan tenaga dari motor listriknya, total menghasilkan tenaga sebesar 134 Hp. Komponen mesin hybrid pada generasi ketiga ini dibuat lebih kecil dan lebih ringan, yang juga berperan membuat mobil menjadi irit bahan bakar.

Spesifikasi dan Harga Mobil Toyota Prius 2016

Berbeda dengan negara-negara lainnya Amerika Serikat, Jepang, dan negara-negara Eropa mobil hybrid belum begitu dikenal secara luas di Indonesia. Namun tidak membuat Toyota Astra Motor (TAM) mengurungkan niat untuk merilis Prius di pasar mobil nasional. Mobil hybrid di Indonesia bisa dibilang termasuk mobil segmented, karena mobil ramah lingkungan ini rata-rata dibanderol cukup tinggi, sehingga masih kalah pamor jika dibanding mobil-mobil murah yang dalam beberapa tahun terakhir begitu diminati banyak konsumen Indonesia.

Saat ini, Varian mobil Prius yang dipasarkan di Indonesia adalah Toyota Prius Gen-3. Dibanderol dengan harga mulai dari Rp 635 juta per unitnnya, Gen-3 menawarkan sejumlah keunggulan kepada para konsumennya di Indonesia. Bagi anda yang tertarik untuk membeli mobil hybrid ini, silakan simak terlebih dahulu detail spesifikasi yang telah kami sediakan berikut ini :

Eksterior

Mengadopsi desain body advanced aerodynamics, Prius Gen-3 hadir sebagai kendaraan yang memiliki desain unik dan nyaman untuk diajak melaju di jalanan perkotaan. Di bagian lampu depan, Gen-3 mengadopsi Halogen Headlamps, sementara pada bagian belakang, tail dan stop lamps menggunakan lampu LED yan girit energi dan memiliki usia pakai yang cukup lama. Keunikan lain pada desain eksterior Gen-3 adalah penerapan turn signal lamp atau lampu sein pada bagian spion mobil.

Interior

Pada bagian interior, selain menghadirkan suasan ruang kabin yang hangat, Gen-3 juga dibekali sejumlah fitur berteknologi dengan berbagai fungsi. Fitur-fitur tersebut, antara lain : Electonic Shift Lever, Touch Tracer Display, Head-up Display, Smart Entry & Start System, dan Comfortable Space.

Keselamatan

Masalah keselamatan memang selalu menjadi bagian paling penting pada sebuah kendaraan. Begitu juga dengan Prius Gen-3, sejumlah fitur keselamatan yang telah teruji telah dihadirkan demi memberi rasa aman kepada pengemudi maupun penumpang ketika berkendara. Beberapa fitur keselamatan unggulan yang dihadirkan pada Prius Gen-3, antara lain : Crash Safety Body, Active Headrest, dan SRS Airbag bagi pengemudi dan penumpang (depan).

Performa

Toytoa Prius Gen-3 dibekali mesin berkapasitas 1.797 cc dengan tipe mesin 2ZR-FXE, 1L4 Cylinder, Dual VVT-i. Tenaga maksimal yang mampu dikeluarkan mencapai 99,3 Ps di kecepatan 5200 rpm, demgam Torsi maksimal mencapai 142 Nm pada kecepatan 4000 rpm. Untuk lebih lengkapnya, silakan simak rincian spesifikasi yang telah kami sediakan di bawah.

Spesifikasi Toyota Prius Gen-3

Dimensi
Panjang Keseluruhan
4,460 mm
Lebar Keseluruhan
1,745 mm
Tinggi Keseluruhan
1,480 mm
Jarak Poros Roda
2,700 mm
Jarak Pijak Depan
1,525 mm
Jarak Pijak Belakang
1,520 mm
Jarak Terendah
140 mm
Radius Putar
5,2
Berat Kosong
1420
Sasis
Transmisi
P410 (CVT)
Gear Ratio 1st
2,683
Gear Ratio 2nd
2,683
Gear Ratio 3rd
2,683
Gear Ratio 4th
2,683
Gear Ratio 5th
2,683
Gear Ratio 6th
Gear Ratio Reverse
2,683
Gear Ratio Final
3,267
Suspensi
MacPherson Strut (depan)
Torsion Beam (belakang)
Rem
15″ Ventilated Disc (depan)
15″ Solid Disc (belakang)
Sistem Rem Tambahan
ABS, EBD
Steering Gear
EPS, Rack & Pinion
Ukuran Ban
195/65 R15
Mesin
Seri Mesin
2ZR-FXE
Tipe Mesin
1L4 Cylinder, Dual VVT-i
Isi Silinder
1,797 cc
Tenaga Maksimum
99,3 Ps / 5200 rpm
Torsi Maksimum
142 Nm / 4000 rpm
Fuel System
EFI
Bahan Bakar
Gasoline
Kapasitas Tangki
45 Liter
Steering
EPS

 

Harga Toyota Prius Gen-3 OTR

Toytoa Prius Gen-3 : Rp 635.900.000,-

 

Harga dan spesifikasi di atas bersumber dari situs toyota-astra.co.id. Meski demikian, spesifikasi bisa saja berbeda dengan kondisi asli mobil. Spesifikasi di atas hanyalah sebagai referensi, untuk mendapatkan keterangan yang lebih jelas, silakan menghubungi dealership Toyota Astra Motor Indonesia yang ada di kota anda.

 

Harga yang tertera merupakan harga on the road (OTR) yang berlaku di wilayah DKI Jakarta. Harga disesuaikan di tiap-tiap daerah. Harga tersebut bersifat tentatif atau tidak tentu, yang dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu sebelumnya. Jika anda berdomisili di luar Jakarta, harga tersebut bisa dijadikan sebagai referensi, semoga bermanfaat.