Microsoft Sculpt Ergonomic Desktop – Bhinneka Post Reviews

Sedang memuat Microsoft Sculpt Ergonomic Desktop – Bhinneka Post Reviews...
Sekretaris, staf input data dan stenografer umumnya terkadang mengalami peningkatan tekanan saraf pada pergelangan tangan dan masalah urat saraf lain. Selain itu, selama beberapa dekade  banyak orang yang mengalami postur tidak sejajar karena menggunakan komputer terus menerus dikantor.

 

Microsoft berupaya mengatasi dampak fisik akibat duduk dalam posisi tidak alami sepanjang hari dengan mendisain Sculpt Ergonomic Desktop, produk kombo keyboard dan mouse yang sengaja dirancang untuk mengurangi tekanan pada pergelangan tangan.

 

Keyboard sangat mendatar dibagian sisi dan sedikit menanjak dibagian tengah, sehingga memaksa tangan berada pada posisi tepat secara alamiah. Agar bisa menghemat ruang, pad angka dibuat sebagai unit terpisah sehingga pengguna bisa menyimpannya bila tidak digunakan. Tanpa pad angka, panjang keyboard berukuran kurang dari 15-inci.

 

Bila menempatkan tangan pada home row, tangan pengguna akan terasa dipandu pada wrist rest lembut dan empuk dibawah perangkat yang membentang seukuran keybord. Wrist pad terintegrasi dirancang untuk mengurangi kebiasaan buruk yang menjadi biang masalah dengan mencegah tangan bergerak pada posisi keliru.

 

Keyboard juga dilengkapi dengan removable riser bar yang melekat dibagian bawah untuk mendorong pergelangan tangan sedikit lebih jauh. Sebagai sumber tenaga, keyboard menggunakan dua baterai AAA dan mouse dua baterai AA, sementara pad angka menggunakan baterai internal lithium ion kecil.

 

Perlu waktu untuk penyesuaian sebelum memperoleh kembali kecepatan mengetik normal, karena disain Sculpt Ergonomic Desktop yang berbeda biasanya. Meski tombol B terlihat sedikit menjauh, keyboard memberikan jari deretan baris tombol layaknya keyboard biasa. Pada keyboard standar posisi tombol B berada tepat dibawah antara tombol G dan H.

 

Disain chiclet-style membuat tombol hanya perlu sedikit ditekan untuk memperoleh respon, sehingga pekerjaan mengetik menjadi lebih cepat dan tenang. Desain spacebar juga cukup menarik, dibuat membelah agar klik lebih terkesan untuk kedua tangan.

 

Selain itu, keyboard Sculpted Ergonomic Desktop dioptimalkan untuk Windows 8 dan pengguna hanya akan melihat tombol Windows Metro disebelah kiri spasi, bukan lagi icon Start.

 

Mouse yang dibundle dengan Sculpt Ergonomic Desktop memiliki bentuk mirip seperti bola bisbol yang sedikit lonjong. Potongan disisi kiri membuat mouse kurang cocok bagi pengguna kidal. Sama seperti keyboard, bentuk mouse menuntun jari pengguna pada posisi yang meminimalkan kontak antara meja dan telapak tangan.

 

Selain dua standar klik dikiri dan kanan, mouse juga memiliki dial scroll berlekuk ditengah dan tombol start Windows Metro untuk memudahkan akses pada menu Start Windows 8. Terdapat pula tombol disisi kiri yang beroperasi sebagai tombol back pada browser internet.

 

Microsoft Sculpt Ergonomic Desktop merupakan keyboard yang didesain untuk memaksa tangan Anda berada pada posisi yang lebih santai. Sehingga sangat cocok bagi para pengguna desktop yang menghabiskan harinya dengan tangan terpaku pada perangkat input demi kesehatan pergelangan tangan serta postur tubuh mereka. (Fahrur)