Perbedaan Jenis BBM Premium, Pertalite, Pertamax Plus & Turbo

Sedang memuat Perbedaan Jenis BBM Premium, Pertalite, Pertamax Plus & Turbo...

Perbedaan Jenis BBM – Semua kendaraan bermotor membutuhkan bahan bakar minyak (BBM) sebagai sumber energi utama untuk menghidupkan mesin. Bagi pemilih sepeda motor ataupun mobil, pasti menginginkan kendaraan miliknya memiliki performa optimal dan tetap nyaman dikendarai. Oleh karena itulah kami sarankan untuk memiliki bahan bakar berkualitas yang secara signifikan akan mempengaruhi performa mesin.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali jenis BBM yang dibedakan berdasarkan kadar oktannya. Nah khusus mobil bermesin bensin, maka bisa memilih BBM jenis Premium, Pertalite, Pertamax, ataupun Pertamax Plus dan Pertamax Turbo. Ke-lima jenis bahan bakar tersebut memiliki kadar oktan berbeda-beda yang secara otomatis akan mempengaruhi harga jualnya. Dimana semakin tinggi nilai oktannya, maka semakin mahal harganya.

Perbedaan Jenis BBM Kendaraan

Ada banyak resiko yang harus ditanggung apabila salah memilih jenis BBM, seperti mesin menjadi boros dan terasa kurang bertenaga. Efek lainnya adalah terdengar suara ngelitik pada mesin yang biasanya terjadi karena bahan bakar kurang berkualitas atau tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan masing-masing pabrikan. Mengingat resolusinya cukup besar, tentu kita tidak boleh asal memilih jenis bahan bakar yang digunakan pada motor ataupun mobil kesayangan.

Biasanya, setiap produsen otomotif sudah menetapkan standar nilai oktan pada setiap kendaraan yang mereka pasarkan. Namun sayangnya banyak orang yang mengiraukan hal tersebut, sehingga asal memilih jenis bahan bakar tanpa mepertimbangkan resiko yang mengintai nantinya. Nah agar tak salah memilih BBM, silahkan simak informasi otomotif mengenai perbedaan antara jenis BBM Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Plus, dan Pertamax Turbo berikut ini.

1. Nilai Oktan

Setiap jenis BBM yang dipasarkan di Indonesia memiliki nilai oktan berbeda-beda. Nilai oktan tersebut dihitung dengan satuan RON (Research Octane Number). Bagi yang belum tahu apa itu Ron, maka bisa dikatakan Ron merupakan kekuatan tekanan atau kompresi bahan bakar terhadap mesin. Untuk mengetahui jenis bahan bakar yang sesuai bisa dilihat dari spesifikasi mesin masing-masing kendaraan. Pasalnya setiap kendaraan memiliki rasio mesin yang berbeda-beda.

Sobat juga bisa mengikuti saran yang diberikan setiap pabrikan mengenai nilai oktan atau RON BBM yang sesuai dengan spesifikasi mesin. Biasanya semakin tinggi nilai oktannya, maka akan semakin mengoptimalkan performa mesin. Namun kami sendiri lebih menyarankan mengikuti saran yang diberikan pabrikan, sehingga performa mesin bisa selalu optimal. Nah untuk mengetahui perbedaan nilai oktan setiap jenis BBM, silahkan simak dibawah ini.

  • Premium : RON 88
  • Pertalite : RON 90
  • Pertamax : RON 92
  • Pertamax Plus : RON 95
  • Pertamax Turbo : RON 98

2. Warna Cairan

Tak hanya memiliki nilai oktan yang berbeda-beda, setiap jenis BBM juga memiliki warna berbeda. Pertamina sengaja memberikan warna yang berbeda untuk mencegah beredarnya BBM Oplosan dan untuk membedakan antara satu jenis BBM dengan BBM yanglainnya. Pewarna yang digunakan juga tak sembarangan, karena menggunakan pewarna khusus yang sering disebut Dyes. Adapun perbedaan warnanya silahkan simak dibawah ini

  • Premium : Berwarna kuning cerah
  • Pertalite : Berwarna hijau terang
  • Pertamax : Berwarna biru kehijauan
  • Pertamax Plus : Berwarna merah
  • Pertamax Turbo : Berwarna merah

3. Tingkat Polusi

Salah satu ciri khas dari bahan bakar berkualitas adalah memiliki tingkat polusi yang lebih rendah. Hal ini tak lepas dari nilai oktan setiap jenis bahan bakar. Namun apabila dibandingkan antara Premium, Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Plus maupun Pertamax Turbo, maka Premium merupakan jenis BBM dengan tingkat polusi terbesar, sehingga kurang ramah lingkungan dibandingkan jenis BBM lainnya yang notabennya dibanderol lebih mahal dibandingkan Premium.

4. Harga

Perbedaan selanjutnya adalah masalah harga. Setiap jenis bahan bakar kendaraan dipasarkan dengan harga berbeda. Yang termurah adalah Premium dan yang termahal adalah Pertamax Turbo. Nah khusus untuk Premium masih mendapatkan subsidi dari Pemerintah Indonesia, sehingga harganya jauh lebih murah. Sedangkan harga bahan bakar lainnya mengikuti harga minyal dunia, sehingga harganya bisa berubah sewaktu-waktu.

Pertamax Turbo menjadi bahan bakar kendaraan bermesin bensin termahal saat ini. Jenis BBM tersebut memang memiliki banyak sekali kelebihan yang bisa sobat simak pada informasi berikut ini “Kelebihan Pertamax Turbo“. Yah, Pertamax Turbo memang dikhususkan untuk kendaraan berperforma tinggi, seperti mobil mewah, mobil sport, ataupun motor sport. Sedangkan bagi yang kendaraan bermesin standar, maka bisa memilih Pertalite, Pertamax, ataupun Pertamax Plus sesuai dengan standar masing-masing kendaraan.

Nah setelah mengetahui perbedaan jenis BBM di atas, maka sobat jangan asal memilih BBM. Pilihlah BBM yang sesuai dengan spesifikasi mesin agar nantinya performa mesin tetap terjaga dan konsumsi BBM tetap irit. Selain itu, sobat juga bisa menyimak apa saja cara meghemat BBM pada informasi otomaniac.com sebelumnya. Nah cukup sekian informasi kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi. “Salam Otomotif”

Perbedaan Jenis BBM Premium, Pertalite, Pertamax Plus & Turbo | walawili | 4.5